KULIAH ITU GIMANA SICH??

Sistem pengajaran waktu sekolah memang beda dengan sistem perkuliahan di perguruan tingi yang memakai sistem SKS (sistem kredit semester). Sistem kredit semester adalah sistem di mana mahasiswa harus mengumpulkan jumlah SKS tertentu untuk untuk mencapai persyaratan kelulusan sebagai sarjana. Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa antara 144 SKS sampai 160 SKS tergantung masing-masing kurikulum jurusan yang kamu ambil. Satu SKS terdiri dari tiga bagian yaitu untuk tugas, belajar mengajar tatap muka dan belajar mandiri. Itulah sebabnya bila kamu mengambil terlalu banyak SKS maka otomatis jadwalmu akan semakin berat dan padat. Namun kamu tidak perlu takut karena asalkan kamu bisa mengatur jadwal dan waktu yang kamu miliki maka kamu bisa saja mengambil jumlah SKS maksimum.

Selain SKS, indeks prestasi (IP) merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa. Mengapa? Karena walaupun IP bukan satu-satunya barometer untuk keberhasilan mahasiswa namun IP merupakan pengukuran keberhasilan dalam hal akademis. Indeks Prestasi adalah mekanisme penilaian terhadap prestasi kamu berdasarkan penilaian untuk setiap mata kuliah. Penilaiannya ada yang A (poinnya 4), b (poinnya 3), C (poinnya 2) D (poinnya 1) dan E (poinnya 0). Cara menghitung IP adalah hasil kali besarnya SKS mata kuliah yang diambil dengan bobot untuk masing-masing mata kuliah kemudian dibagi dengan jumlah keseluruhan SKS yang diambil.

Kebanyakan patokan IP dalam pengambilan SKS untuk setiap semesternya adalah:

IP Semester > 3,00 maksimal SKS yang bisa diambil adalah 24

IP Semester 2,50 – 2,99 SKS yang bisa diambil adalah 18-21

IP Semester 2,00 – 2,49 SKS yang bisa diambil adalah 15-18

IP Semester 1,50 – 1,99 SKS yang diambil adalah 12-15

IP Semester < 1,5 jumlah maksimal yang dapat diambil adalah 12

Di Perguruan Tinggi ada ketentuan penilaian kelulusan berdasarkan IPK, yaitu:

  1. Kelulusan dengan predikat “DENGAN PUJIAN” (Cumlaude), yaitu lulus dengan IPK lebih dari 3,5
  2. Kelluskan dengan predikat “SANGAT MEMUASKAN” yaitu lulus dengan IPK 2,76 – 3,50
  3. Kelulusan dengan predikat “MEMUASKAN”, yaitu lulus dengan IPK 2,76 – 2,75

Apabila IPK dibawah 2,00 maka kemungkinan besar mahasiswa harus memperbaiki dulu nilainya (mengulang mata kuliah) baru dapat dinyatakan lulus.

Yang perlu diketahui dalam kuliah terdapat dua semester regular dan satu semester pendek. Semester regular adalah semester ganjil dan genap yang wajib dijalani dan semester pendek yang merupakan sutu pilihan boleh diikuti ataupun tidak yang waktunya saat liburan panjang akhir tahun akademik. Maksimal SKS yang dapat diambil adalah 9 SKS atau tergantung kebijakan fakultas masing-masing.

Pada dasarnya kehidupan sebagai mahasiwa sangatlah menyenangkan bagi yang benar-benar menganggap bahwa kuliah itu merupakan pilihan hidup yang harus dijalani. Lalui saja, enjoy dan buang segala rasa takut, cemas, bingung, dan sejenisnya ketika kamu mulai melangkah memasuki dunia kehidupan akademis yang baru. Sambut harimu dengan senyuman dan semangat baru: “AKU BANGGA MENJADI MAHASISWA”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Leave a Comment


ShoutMix chat widget
Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai
Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai

Masukkan Code ini K1-C691Y6-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Free Web Hosting